Processor Paling Hemat Listrik

Inovasi teknologi terus berkembang dalam segala bidang kehidupan termasuk teknologi komputer terutama generasi CPU yang makin hemat daya listrik.

Arsitektur proses x86 yang dikembangkan Intel sejak tahun 1978 berbasis arsitektur 8086, telah mendominasi hampir seluruh komputer desktop dan notebook dipasaran selama dua dekade terakhir, sedangkan arsitektur ARM digunakan oleh sekitar 98% dari jutaan ponsel diseluruh dunia.

Kini CPU (Central Processing Unit) berbasis ARM siap menyaingi arsitektur x86 yang memiliki posisi cukup kuat untuk segmen komputer. Platform ARM cukup menarik, karena mampu menghasilkan produk mobile yang sangat hemat listrik. Intel Atom N270 ditambah chipset 945GSM memiliki TDP sebesar 11.8watt, sedangkan sebagian besar sistem chip ARM (SOCs) hanya memakai kurang dari 2 watt saat beroperasi secara penuh.

NVidia Tegra membuat Zune HD memiliki grafis cantik dan Snapdragon (ARM Cortex A8) disebut-sebut sebagai chip ponsel Google. Begitu pula dengan prosesor Qualcomm yang ada pada Lenovo Skylight, sebuah netbook pertama yang menggunakan CPU berbasis ARM yang dibuat oleh produsen besar.

Netbook yang dilengkapi chipset Snapdragon 1GHz unggul dari segi desain dari netbook berbasis Atom dengan daya tahan baterai hingga 10 jam, setara dengan netbook berbasis Atom terbaik saat ini. Fitur menarik lain adalah layar 10.1” berdefinisi tinggi dengan berat diperkirakan kurang dari 1 kg.

Netbook juga dilengkapi antarmuka gadget agar cepat dan mudah mengakses aplikasi favorit seperti Gmail atau Gacebook dan hadir dengan WiFi dan modem 3G terintegrasi, yang tergabung dalam chipset Snapdragon.

Snapdragon 1GHz merupakan salah satu jenis chip ARM terbaik yang pernah ada, meskipun akan muncul lagi desain ARM dual core, termasuk varian Snapdragon 45nm 1GHz yang diklaim hanya menggunakan bahkan kurang dari 0.5 watt, konsumsi listrik yang sangat rendah dibanding Intel Atom. Desain dari vendor lain diharapkan dapat segera bersaing dengan desain x86 di segmen netbook.

Sumber:
dikutip dari Bhinneka.com by Fahrur

Incoming suggestion:
- teknologi processor
- processor intel
- processor arm
- processor intel atom
- cpu hemat daya
- cpu hemat listrik
- cpu dual core
- cpu x86 dektop
- cpu x86 netbook
- vga nvidia tegra
- chip arm snapdragon

No comments:

Post a Comment