Netcut untuk Mengontrol Jaringan

Anda mungkin sudah tidak asing dengan yang namanya NetCut. Begitu ampuhnya software ini dalam mematikan aliran bandwidth internet di jaringan. Sedikit info bagi yang belum tahu apa itu Netcut dan cara pencegahannya.

Netcut – adalah software yang membantu Admin jaringan yang berfungsi memutuskan koneksi internet di komputer client manapun di LAN (Local Area Network) tanpa perlu menginstall di sisi client, termasuk memutuskan perangkat seperti router, switcher. Apabila anda seorang admin maka program ini sangat diperlukan sebagai antisipasi kalau ada koneksi lain yang masuk ke jaringan anda. Apabila anda mengelola sebuah Hotspot (Free) tanpa menggunakan Mikrotik atau proteksi lainnya dan untuk syarat koneksi ke hotspot tersebut secara gratis maka program ini sangat dibutuhkan. Untuk menangkal koneksi–koneksi yang nota bene menganggu jaringan koneksi internet anda. Tanpa menganggu pengguna internet yang lainnya.

Adapun bila Netcut berada disisi client/user, bisa saja PC server yang di 'cut' olehnya. Karenanya komputer admin (server) dapat mengantisipasi serangan ARP poisoning/spoofing/paket sniffer ini menggunakan Anti ARP atau Anti Netcut dan sejenisnya. Anti ARP juga dapat memblokir serangan virus yang memanfaatkan protokol ARP.

Cara kerja netcut 2.0 (pada saat tulisan ini dibuat sudah versi 3):

1. NetCut menjadikan laptop/komputernya sebagai gateway. Jadi dia bebas mengatur siapa yang masuk, dan siapa yang perlu ditendang keluar.
2. Bekerja berdasarkan ARP (Address Resolution Protocol) Spoofing.
Cara menggunakan Netcut:
1. Sangat mudah anda tinggal download di NetCut 2.0
2. Install di komputer > Jalankan softwarenya
3. Tinggal pilih IP/Hostname/Mac Address client yang ingin diputuskan koneksinya dan mengklik cut off.
4. User tersebut akan langsung terputus koneksinya dari server sampai anda membebaskannya atau dengan mengklik Resume atau dia mengganti IP address nya sendiri.

Cara mengatasi netcut:

1. Cek ARP untuk mengetahui apakah ada orang yang memakai netcut.
Start menu > run > ketik "cmd" atau command prompt > ketik lagi "arp -a" untuk melihat IP router. Kalau ada lebih dari satu ip router, pertimbangkan niat ber online. Atau lapor saja ke admin tentang hal ini.
Solusi : Bisa install program Anti ARP dan jalankan sebelum online. Biar lebih aman.
2. Bisa juga memakai program seperti "Anti Netcut", saya yakin program ini akan bekerja.

Demikian penjelasan singkat mengenai cara kerja netcut dan cara mencegah netcut. Semoga bermanfaat bagi anda. Let’s Try

sumber: solusiwireless.com

No comments:

Post a Comment