Mencegah Infeksi Malware Dengan Kemampuan Eksploitasi Celah Keamanan LNK (shortcut)

Kebanyakan jenis virus komputer 'ganas' yang menyebar saat ini menggunakan celah keamanan LNK (shortcut) seperti virus Sality, Stuxnet, dan Ramnit. Komputer yang telah terinfeksi virus shortcut Sality dan Ramnit akan sulit untuk dibersihkan. Karena kemampuannya menginjeksi file-file aplikasi dan dapat menyebarkan dirinya ke komputer lain yang terhubung dalam jaringan.

Umumnya, dengan media flash disk (removable drive/disk) yang ditancapkan, tanpa disadari virus-virus tersebut telah aktif dan menginfeksi komputer korbannya atau dengan membuka windows explorer saja. Mungkin dengan cara mematikan fungsi autorun/autoplay, selalu mengaktifkan antivirus residen (active shield) yang ter-update, dan melakukan update (patch) celah keamanan pada Windows Anda akan bisa menghalau proses injeksi virus shortcut ini.

Selain ketiga cara itu, dapat dicoba pula menggunakan file manager pengganti Windows Explorer misalnya FreeCommander, ExplorerXP, atau Explorer++. Semua aplikasi file manager tersebut bisa Anda download secara gratis alias free software.

No comments:

Post a Comment

Bagikan dengan yang lain