Mencegah Infeksi dan Penyebaran Virus Komputer di Jaringan

Jika anda mengalami infeksi virus yang membandel dan sudah mecoba berbagai macam cara tetapi masih belum tuntas. Mungkin karena sudah gemas sampai anda memformat komputer-komputer di jaringan tetapi setelah dihubungkan ke jaringan kembali terinfeksi. Maka dari itu sebelum virus menginfeksi komputer di jaringan Anda, ada baiknya mencegah daripada mengobati. Karena perkembangan virus makin hari kian canggih dan akan sulit dibasmi bila sudah menyebar di jaringan komputer. Bukan hanya file data (doc, docx) namun juga file gambar (jpg, bmp), file mp3, file program (exe, com, scr) dapat diinfeksi dan dirusak oleh virus zaman sekarang

Tips Pencegahan Virus secara Umum:

Walaupun sudah dibersihkan tetapi virus/worm/malware/trojan masih mudah masuk dikarenakan beberapa faktor sebagai berikut :

- Autoplay/Autorun Windows
Lakukan pencegahan dengan men-disable fungsi autoplay. Fungsi ini memudahkan virus untuk masuk dan menginfeksi komputer.

- Default Share Windows
Fungsi ini memudahkan virus/worm berusaha masuk melalui jaringan dengan mudah. Matikan fungsi ini jika tidak diperlukan. Sebagai alternatif jika masih diperlukan gunakan password komputer (baik lokal maupun jaringan) yang unik dan tidak standar/biasa serta kombinasi angka dan huruf. Serta hindari Full Sharing folder anda di jaringan.

- Patch Windows
Selalu rajin patch windows. Hal ini akan mencegah dari serangan virus saat koneksi internet. Akan lebih baik jika meng-aktifkan Automatic Updates.

- Install Antivirus dan Update
Terakhir, lakukan instalasi antivirus dan selalu pastikan terupdate dengan baik. Dan aktifkan (jika belum aktif) fitur auto-protect atau realtime scanning agar bila ada proses eksekusi file virus akan langsung diblok oleh antivirus sebelum virus menginfeksi komputer Anda.

sumber acuan: vaksin.com

Untuk proteksi lebih lanjut terhadap serangan virus, dapat dilakukan melalui firewall. Dengan firewall kita dapat membuat 'rules' pemblokiran terhadap port-port yang digunakan oleh virus dan hacker. Firewall juga dapat melindungi proses-proses aplikasi yang ingin berinteraksi dengan internet atau merubah (memodifikasi) registry dan system.

No comments:

Post a Comment